Be Like A Quantum

Be Like A Quantum

Pages

Rabu, 09 Juni 2010

Makan Malam Bisa Berakibat Gigi Rontok

TEMPO Interaktif, Kopenhagen - Makan malam berkontribusi terhadap hilangnya gigi, apa pun jenis makanan yang Anda santap, demikian menurut para peneliti Universitas Missouri-Kansas City, Amerika, dan Universitas Kopenhagen, Denmark, yang dimuat di Eating Behaviors edisi cetak Agustus 2010, yang sudah tersedia online.

Para peneliti beralasan bahwa air liur, yang penting untuk menghilangkan kotoran di dalam mulut, mengering di malam hari.

Untuk penelitian ini, para peneliti memeriksa data 2.217 pria dan wanita berusia 30 sampai 60 tahun. Mereka menilai kesehatan mulut para peserta, perilaku makan, kesehatan umum, dan karakteristik lainnya pada dua kurun waktu penelitian: 1987-1988 dan pada 1993-1994.

Para peneliti menemukan bahwa 8 persen (173 orang) yang digolongkan sebagai pemakan malam hari, yaitu mereka mengkonsumsi seperempat atau lebih dari kalori harian mereka setelah makan malam, dan akan bangun dan makan makanan kecil di tengah malam paling tidak dua kali minggu.

Peneliti juga menemukan, bahkan setelah memperhitungkan faktor-faktor yang potensial mempengaruhi, seperti umur, kebiasaan merokok, dan berapa banyak gula atau karbohidrat yang ada di dalam makanan mereka, pemakan malam hari lebih banyak kehilangan gigi ketimbang mereka yang bukan pemakan malam hari.

Para peneliti menyimpulkan bahwa: "Singkatnya, makan malam memberikan kontribusi terhadap rontoknya gigi."

Mereka merekomendasikan para dokter gigi agar mendorong pasien mereka untuk mempraktekkan kesehatan mulut yang baik dan menyadari bahwa makan malam bisa berdampak pada kesehatan gigi.

Profesor Damien Walmsley dari British Dental Association mengatakan kepada BBC bahwa makan pada malam hari ketika air liur kurang, dan sisa-sisa makanan cenderung berlama-lama di mulut, meningkatkan efek makanan dan minuman manis dan asam.

Walmsley menyarankan betapa pentingnya menyikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi fluoride, dan salah satunya gosok gigi sebelum tidur, dan juga: "Bila memungkinkan, hanya mengkonsumsi air setidaknya satu jam sebelum sikat pada malam hari," kata Walmsley.

Eating Behaviors/Medical News Today/NF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar